THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES ?

Selasa, 30 Juni 2009

SAKAW vacum.....?



Entah ada angin apa belakangan ini sakaw band yang digandrungi oleh Rusmin (vocal) Zunet (gitar) Obenk (bass) Zi' Wan (keyboard) dan Ramon (Drum) belakangan ini jarang sekali tampil bersama. Band yang dikenal sebagai band beraliran Rock Underground Alternative ini biasanya sangat konsisten dengan latihan-latihan mengasa kemampuan mereka dalam bermusikalitas. Namun sangat disayangkan karena band yang terbentuk pada 16 Januari 2008 ini harus kembali vacum di Tana' Paser. Pasalnya mereka yang memang berlainan profesi satu sama lainnya masih sering tampil bersama meski dengan kesibukan yang padat. Rusmin adalah seorang buruh pada bangunan. Sikapnya yang memang tak memilih pekerjaan yang dikerjakan membuatnya sangat akrab dengan personil=personil lainnya. Obenk yang berprofesi sebagai pekerja di Dinas Peternakan Paser yang juga mempunyai sebuah band electone bernama OCTA yang berlokasi di Kilometer 2,5 Tanah Grogot (lihat plang nama pada gang kecil), memang mempunyai kesibukan yang bisa dibilang tak mempunyai banyak waktu. Namun mereka dapat tetap tampil dan berlatih bersama meskipun hanya memiliki waktu yang sedikit. Berbeda dengan Zi' Wan yang berprofesi sebagai engineer PT. EXELCOMINDO PRATAMA, yang sehari-hari harus pulang pergi dari satu tower ke tower yang lainnya yang berbeda jarak dan lokasi. Meskipun demikian tetapi dia mampu menyesuaikan diri dengan tetap konsisten latihan. Begitu pula Ramon yang hanya berprofesi sebagai mahasiswa Agribisnis di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Tanah Grogot. Sebagai drumer sakaw band, dia sangat memperhatikan latihan dan sangat menjunjung tinggi bermusikalitas dengan baik.

Berikut data-data personil sakaw band:
Ras / Dajjal ( vokal )

Nama :Rusmin
Pekerjaan :Buruh
ALamat :Kilometer 3 Jln. Negara Tanah Grogot
No. Telp. : +6281253568542
gaya permainan : Rock Underground

Zunet ( guitar )
Nama : Junet
Pekerjaan : swasta
No. Telp. : +6285250850299 / +6285246581075 / +6281347188623 /+6281347948148
Alamat :Kilometer 3 Jln. Negara Tanah Grogot
gaya permainan : Pop Rock

ObenK ( Bass )
Nama : Arif Budiman
Pekerjaan : Dinas Peternakan, personil Octa Electone Tanah Grogot
Alamat : Kilometer 2.5 Jln. Negara Tanah Grogot ( Plang Octa Electone )
No. Telp. : +6285228036333 / +6281346228481
gaya permainan : Rock Alternative

Zi' Wan ( Keyboard )
Nama : Muhammad dedi Kurniawan Raja Pratama Putra
Pekerjaan : Enggineer PT. EXELCOMINDO PRATAMA, Operator Rabbah Net ( Jln. Pasar Pagi Belakang Kandilo Plaza )
Alamat : Jln. Kandilo Bahari RT.3/RW.1 Gg. Reformasi 1 / Raudah Tanah Grogot
No. Telp. : +6285247771377 / +6281347480687
gaya permainan : Progressive Rock Underground Alternative

Ramon
Syakrani
Pekerjaan : mahasiswa STIPER akt 2008
Alamat : jln. H. Agus Salim Gang Swadaya Tanah Grgogot
No. Telp.: +6281347184606 / +625432703035
gaya permainan : Rock Alternative

Kamis, 25 Juni 2009

FESTIVAL PELAJAR di MU



24 Juni 2009

Festival pelajar berhasil digelar di SMA Muhammadiyah atau MU School. Festival ini digelar karena MU yang sedang menjalankan aktifitas sekolah class meeting. Dan oleh karena itu MU sebagai tuan rumah membatasi peserta yang hadir dan yang ikut serta dalam event ini. Ketua panitia yang juga adalah sebagai ketua osis sekolah ini mengatakan bahwa kegiatan ini cuma sebagai pengisi waktu dan program class meeting dari sekolah kami. Memang event ini tampak sangat sederhana namun meriah karena dilihat dari panggung yang memadati halaman sekolah ini hanya digelar diatas tanah tanpa alas panggung tinggi seperti kebanyakan suasana festival. Namun itulah yang menjadi ciri khas dan keunikan dari festival yang bertajuk "dengan semangat heroik kita wujudkan pelajar yang berjiwa patriotik". Para penonton yang awalnya ramai berhamburan ke tengah lapangan dan mencari tempat yang enak untuk menonton pertunjukkan dari band-band yang akan tampil tampak tidak sabaran yang memang banyak dari kalangan siswa-siswi MU itu sendiri.

Banner generated at Pimp-My-Profile.com
Sakaw Band sebagai bintang tamu dan juga juri tamu dalam festival ini telah hadir dengan kostum hitam-hitam. Zunet (gitarist), Obenk (Bassist) tampil dengan kemeja hitam yang serasi dan senada. Ramon / Ranie (drummer) dan Zi' Wan tampil dengan kemeja berlogokan sakaw band versi gothic style namun sayangnya pada awal penampilan Zi' Wan tampak tidak ingin melepas jaket kulit berwarna hitam kesayangannya itu. Sedangkan Ras / Dajjal tampil dengan kaos hitam sederhana fit body. Meskipun kedatangan mereka terlambat namun penampilan mereka tidak bisa berjalan mulus seperi yang diinginkan. Hal itu dkarenakan Selain mereka harus mensetting ulang alat-alat yang mereka gunakan, namun juga mereka harus tampil dengan panggung yang kurang dalam hal pergerakan para personil. "panggungnya kurang tinggi,makanya panas, trus masih relatif sempit. Belum lagi pas lagu nya 99 Band qta bawakan itu melodi gitarnya Zunet g kedengaran jelas sehingga kami g bisa konsen karena pada tengah kami tampil malah Badar harus menecek alat-alat itu. Jadi dech awal penampilan kami terganngu dan berantakan karena kurang kesiapan dari panitia...!!!!" tandas Zi' Wan seraya menuturkan penyesalan yang disambung dengan Ranie yang juga menegaskan hal yang sama. Awal mula penampilan mereka disambut hangat oleh para penonton dari siswa-siswi MU, namun karena kesalahan pada audio mixing membuat mereka tidak puas dengan penampilan anak-anak sakaw tersebut. Kemudian menarik untuk dicermati ialah lagu wajib yang peserta harus bawakan adalah lagu-lagu yang memang hits pada saat itu seperti 99 Band-Jangan Tinggalkan Aku, WALI-Cari Jodoh, Sonet 2 Band_menunggumu, Kotak-Beraksi, Kuburan_lupa-lupa ingat dll. Sedangkan lagu pilihan tidak didefinisikan oleh panitia atau dengan kata lain bebas memilih. Selain itu kriteria atau sarat yang diminta panitia adalah seluruh lagu tidak diperkenankan untuk di aransemen atau ditambahkan achord-achord nada mereka sendiri. Hal itu dimaksudkan karena mereka ingin peserta tampil dengan bersih dan baik. Karena menurut panitia tampilan dengan aransemen sendiri itu belum tentu memaksimalkan penampilan mereka di panggung, hal ini mereka amati pada event-event sebelum festival ini digelar. Sehingga dengan banyak pertimbangan, mereka memutuskan beberapa persyaratan yang mungkin bagi peserta ini hanya akan memberatkan mereka.
Menjelang tengah hari, penonton makin banyak saja bukan dari kalangan pelajar siswa-siswi MU saja, tetapi juga pelajar dari sekolah luar seperti dari SMK N1 Tanah Grogot, SMA 1 Negri Tanah Grogot, SMP N 2, SMP N1, SMPN 4, MTs N, Bahkan anak-anak SD juga terlohat ramai menonton acara tersebut. Hal ini terlihat karena mereka memakai seragam sekolah mereka masing-masing. Kebanyakan dari mreka datang dengan beriringan atau bersama pasangan sedjoli mereka ataupun bersama dengan kelompok genk mereka. Hal ini karena seluruh sekolah dari SD hingga SMA sederajat sedang mengadakan program class meeting yang dimana seluruh siswa-siswi dari masing-masing sekolah menargetkan siswa yang belum tuntas dalam ulangan / diklat sekolah, agar sesegera mungkin meluluskan diklat mereka lewat kesempatan ini. Tetapi bagi mereka yang telah selesai maka, mereka diberikan keleluasaan untuk menyegarkan fikiran mereka melalui hal-hal positif di lingkungan sekolah yaitu dengan menerapkan perlombaan antar kelas yang bertujuan agar membina watak dan mental siswa terhadap lingkungan dan orang lain. Tetapi bagi siswa-siswi yang memang merasa jenuh dengan kegiatan sekolah ataupun karena tidak mengikuti kegiatan apapun dalam program class meeting atau juga karena males berada disekolah maka, mereka biasanya berkeliling kota dengan kendaraan pribadi mereka bersama teman-teman. Kegiatan ini tak ayal sering dijumpai di setiap sekolah yang dimana mereka melakukannya hanya sebatas kesenangan. Dan untuk meminimalisir hal itu maka festival ini digelar pada jam sekolah program class meeting.
Karena siswa yang bolos dari kegiatan sekolah itu akan tertarik dengan adanya festival ini. Bukan hanya sekedar menonton pertunjukkan saja tetapi juga ada yang sengaja datang untuk memberikan semangat pada teman mereka yang kebetulan satu sekolah ataupun satu kelas dan akrab yang mengikuti festival pelajar ini. Lebih dari itu tidak ayal banyak pula pelajar ABG yang sekedar cuci mata menggoda atau mangadu jodoh pada festival itu.
Hal itu telihat jelas pada setiap event kawula muda selalu saja penonton adalah mayoritas dari kalangan anak muda karena memang mereka tampil dengan energik dan berpakaian modist hanya untuk memikat lawan jenis mereka. Bukan hanya dari kalangan pelajar saja yang ikut datang meramaikan festival yang di gelar pada pukul 08.00 pagi hingga sore hari itu, tetapi
juga dikalanagn mahasiswa yang memang lokasi acara tempat berlangsungnya festival bersebelahan dengan kampus STIPER ( Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian ) Muhammadiyah Tanah Grogot. Sehingga sengaja atau tidak event ini menjadi salah satu obyek cuci mata bagi anak-anak muda atau mahasiswa yang ada disekitar itu. Bahkan tidak hanya mahasiswa yang telah selesai studi di kampus STIPER saja yang datng meramaikan acara tetapi juga dari STIE WP (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Praja) Tanah Grogot, STIT (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah) Tanah Periuk dan anak-anak MAN tetapi juga masyarakat sekitar dan dari jauh turut hadir baik untuk memberikan dukungan dengan anak, saudara, kerabat mereka yang mengikuti festival dan berekreasi sore hari.



videoMeski dalam penampilan mereka, sakaw hanya tampil perdana dan opening festival namun mereka terlihat jenuh pula pada festival kali ini karena terlihat personel mereka yang pulang dan pergi sendiri atau hanay duduk melamun. Dari jadwal yang mereka terima dari ketua panitia Badar, diterima informasi bahwa mereka tampil 5 kali dengan konsep 5 lagu. Perdana pada opening kemudian break 1, break 2, tengah acara 2 lagu, dan 2 lagu pada closing. Namun dari awal hingga berakhirnya festival tersebut tidak tampak dari penampilan sakaw selain pada opening saja. dan kebanyakan penampilan dari panitia saja yaitu dari Gam School Band dan tarian Brick Dance serta music juke dari beberapa peserta yang tampil dan ikut. Sehingga hal itu membuat penonton terhibur dan tidak sedikita dari penonton yang mengabadikan pertunjukkan-pertunjukkan ITU salam sebuah kamera handphone atau juga dengan handycam yang mereka bawakan. Banner generated at Pimp-My-Profile.com Menurut mereka, sakaw tampil memang dengan komposisi 5 lagu dan itu telah mereka rencanakan daftar lagu-lagu yang akan mereka bawakan yaitu, 99 Band-Jangan Tinggalkan Aku, CCCC-Faktor-X, Bondan ft fade2black-bunga (reggeae), Hampaku Menanti, dan Betrayer-Bendera kuning. Tetapi yang terlihat hanya 3 lagu saja yang dibawakan oleh anak-anak sakaw band yaitu 99 Band-JTA pada opening dan CCCC-Faktor-X dan Hampa Ku Menanti saja yang mereka tampilkan. Menurut Zunet bahwa hal ini karena kurangnya kesiapsiagaan panitia yang mengonsep dan mengemas festival ini. Mulai dari penataan panggung, audio, jalannya acara dan keamanan. Hal lain yang terlihat jelas dari jalannya acara adalah penampilan dan kepastian dari peserta yang tampil selalu ada perubahan dari pemanggilan yang berurutan hingga pemanggilan dengan sistem acak. kemudian dari segi keamanan yang jelas sekali dari pihak panitia saja telah kehilangan handphone sehingga membuat anak-anak sakaw band memaklumi seluruh kekurangan pada festival ini. Bahkan pemenang juara pertama dari festival ini yang juga sebagai vokalis dan guitarist band ini juga kehilangan helm ink berwarna hitam. Namun itu semua mereka anggp pelajaran dalam menyusun sebuah oraganisasi yang baik dan relevan sehingga festival ini menginspirasi band-band lain atau juga panitia festival ini agar memanage ulang seluruh hal yang mungkin terjadi nanti.
video
Sakaw band memang harus memang puas dengan festival kali ini karena awalnya rasa kecewa yang mereka terima di awal opening performance lagu mereka telah terobati dengan lagu CCCC-Faktor -X yang mereka bawakan. Karena perihalnya lagu ini mendapat respon positif dari penonton karen terlihat wajah kagum dengan permainan mereka yang mengaransemen lagu milik CCCC band ini. Jelas ini merupakan kebanggaan bagi mereka selain karena mendapat respon positif tidak seperti performance sebelumnya yang mendapat teriakan huuuuuuuuuuuu.......... dari penonton, mereka juga tampil dengan ciri khas mereka sama seperti saat mereka latihan sebelum event ini digelar yaitu pertunjukkan music juke yang memperlihatkan adegan saling memainkan alat musik lawan tetapi dengn posisi masih saling memainkan alat musik sendiri. Hal ini terlihat dari Obenk dan Zi' Wan yang memang pada saat latihan di studio selalu diselingi dengan kegiatan saling memainkan dan saling menghancurkan konsentrasi permainan lawan. Sehingga tak jarang dari penonton hany tersenyum melihat tingkah polah dari Zi' Wan dan Obenk yang seakan mereka terlihat hanya berada di studio latihan. Namun tetap wajah kagum terlihat dari peononton, peserta dan juga panitia yang meonoton karena lagu tersebut sempurna dimainkan walau dengan gaya juke mereka. Hal ini membuat penonton takjub karen anggapan mereka bahwa anak-anak sakaw sangat mahir dalam mengolah dan menampilkan kebolehan mereka dalam bermusik. Namun sayang pada saat lagu terakhir yaitu Hampa Ku Menanti, sang vokalis tidak turun bersama dengan teman-teman lainnya namun hanya duduk didepan drum set saja. Hal itu dikarenakan keadaan Ras yang memang kurang fit.

Ada beberapa hal yang terlihat dari personil bertubuh kurus namun berwajah cukup menarik yang uga seorang keyboardist dari sakaw band. Zi' Wan, saat di konfirmasi bahwa mengapa Zi' Wan menggunakan kostum sakaw yang berwarna hitam dengan tipe army dan berlambangkan sakaw berbentuk belah ketupat hitam dengan isi berwarna putih style cribbal gothic dan ditengganya terlihat bentuk S berwarna hijau tersebut, terlihat ZI' Wan sedang asyik bermain keyboardnya dengan ditemani seorang gadis SMP bertubuh montok dan cantik. Ketika dikonfirmasi tentang lambang tersebut, ZI' Wan hanya mengatakan bahwa lambang tersebut adalah lambang tetap untuk sakaw band selain lambang "evil goat sakaw band". dan mengapa ada daun di dalam bulatan rantai putih tipe cribbal gothic tersebut, itu hanya semata karena sakaw yang identik dengan semboyan sakau atau kecanduan narkotik atau ganja sehingga terinspirasi olehku untuk membentuk lambang sakaw berbentuk daun yang hijau. Tetapi karena Ranie yang udah dulu membuat lambang cribba; gothic sehingga tercipta ideku untuk menggabungkan kedua lambang tersebut menjadi satu dan hal itu berhasil. Ketika ditanya siapa cewek ABG tersebut, Zi" Wan hanya mengatakan kalau itu anak SMP 2 kelas 2. Namun jelas Zi' Wan dan cewek yang belakangan diketahui bernama Chia tersebut seperti memiliki hubungan khusus.
Myspace Graphics
videoMyspace Graphics

Karena kedekatan mereka terlihat seperti sepasang kekasih. Zi' Wan yang telah 6 bulan berstatus lajang ini membantah kedekatan itu. Namun meski begitu tetap dia tidak bisa menyembunyikan wajanya yang malu dan memerah serta senyuman simpulnya saat digoda bahwa dia mempunyai hubungan dengan gadis cantik tersebut.

Setelah selesai mengikuti festival ini. Mereka akan tetap fokus pada pembutan lagu mereka dan disebar luaskan pada semua orang. Alhasil kini sakaw band telah berhasil memiliki satu lagu ciptaan mereka sendiri. Namun sayangnya dalam recaman yang dilakukan di markas sakaw sendiri hanya melibatkan 2 orang saja yaitu Zi' Wan sendiri dan juga Zunet yang juga merangkap sebagai vokalis dan giarist dan direkam hanya dengan Ipod milik Zi' Wan. Namun lagu ini cukup membuat pendengar dan pecinta musik senang dan salut. Berjudul "Hatimu Untukku" ciptaan Zunet dan berdurasi 5 menit. Sayangnya lagu yang mereka bawakan hanya bergenre pop saja, sehingga kurang sesuai dengan visi band mereka yang beraliran Rock Undergroud alternative.